Inilah Penyebab Hasil Scan Menjadi Miring yang Sering Terjadi

Penyebab Hasil Scan Menjadi Miring
Penyebab Hasil Scan Menjadi Miring

Ketika kita ingin mentransformasikan sebuah dokumen yang berbentuk kertas menjadi sebuah file di dalam komputer tentu harus menggunakan mesin yang bernama scanner. Tak semua hasil scan dapat terbentuk dengan baik, ada juga yang tidak terscan dengan rata atau menjadi miring.

Mesin scan atau scanner sekarang ini tak hanya khusus untuk berguna sebagai scan saja, namun telah ada pula yang tergantung sekaligus dengan printer, jadi pengguna dapat melakukan scanning dan printing hanya dengan satu mesin printer.

Nah bagi kamu yang pernah mengalami hasil scan yang tidak sesuai keinginan atau pun hasil scan yang kurang bagus, bahkan menjadi miring. baik itu scanner printer di stationery, percetakan atau milik pribadi, sebaiknya pahami beberapa penyebab hasil scan miring yang biasa terjadi berikut ini.

1. Tak menempatkan dokumen sesuai tempatnya

Standar umum ukuran dari scanner di rancang agar sesuai dengan ukuran kertas. dan pada umumnya menggunakan kertas dengan ukuran A4. jadi usahakan kamu melakukan scan dengan kertas ukuran A4 agar hasil dari scan nanti tidak bermasalah.

Jika dokumen yang hendak di scan berbentuk buku, upayakanlah buku dalam posisi tegak lurus. dan jangan lupa untuk menekan buku pada scanner secukupnya. agar semua huruf dan kata dapat ter scan dengan baik.

2. Terdapat penghalang saat melakukan scanning

Sebelum melakukan scanning periksa dahulu keadaan dari mesin scannernya. Apabila mesin scan yang dipakai jarang digunakan sebelumnya biasanya akan terdapat kotoran/debu yang menempel di bagian kaca scanner.

Sebaiknya bersihkan dahulu permukaan kaca dari scanner agar tidak ada kotoran yang menghalang kertas saat proses scan.

3. Lampu Scanner Miring

Pernahkan melihat lampu yang keluar saat proses scan dijalankan? Lampu tersebut lah yang berguna untuk mengambil objek yang di scan pada scanner. Posisi dari lampu scanner yang benar adalah dalam posisi tegak lurus. Maka perhatikanlah posisi dari lampu scanner saat melakukan scan.

Jika lampu scanner bergerak miring maka hasil scan yang dihasilkan pun akan menjadi miring. Hal tersebut terjadi bisa karena usia dari pemakaian scanner sudah terlalu lama atau karena ada komponen pengait yang terlepas. jika kamu ragu untuk membetulkannya sendiri ada baiknya untuk membawanya ke tempat servis printer.

4. Terlalu cepat mengambil dokumen

Durasi waktu ketika proses mesin scanner mulai bekerja biasanya memakan waktu per sekian detik saja tergantung dari kualitas dan umur dari scanner yang kita gunakan.

Apabila scanner yang kita gunakan telah berumur, maka kemungkinan kinerja dari mesin scanner tersebut pun akan semakin melambat saat melakukan scan.

Nah, jadi ketika proses scanning baru saja selesai usahakan jangan langsung mengambil dokumen. tunggulah beberapa detik hingga proses scan benar-benar selesai.

Hasil scan telah dikatakan selesai apabila sudah terdapat keterangan Done atau Selesai dari scanner.

5. Kesalahan setting scanner

Mesin scanner memiliki setting sendiri seperti sebuah printer. Usahakanlah untuk melakukan setting pada mesin scanner dengan benar. Periksa kembali bagian setting scanner apakah ada bagian yang ter setting tidak benar atau salah dalam menentukan resolusi sehingga hasil scan akan selalu miring.

Pada umunya kesalahan setting mesin scanner ini terjadi pada mesin scan yang memiliki tools lengkap seperti mesin foto copy. Sedangkan untuk scanner biasa yang tergabung dengan printer jarang terjadi.

6. Kesalahan saat Menyimpan hasil scan

Perlu diketahui pada saat selesai melakukan scan bukan berarti hasilnya dapat langsung disimpan secara otomatis. Kecuali jenis scanner keluaran terbaru saat ini telah bisa melakukan save file otomatis ketika selesai melakukan scanning. Namun untuk jenis scanner keluaran lama hasil scan harus disimpan secara manual.

Hal ini bertujuan agar pengguna dapat mengoreksi kembali hasil scan yang telah dilakukan sebelum disimpan kedalam komputer.

Ada baiknya setelah kamu melakukan scanning dokumen, usahakan untuk melakukan pengecekan apakah ada dokumen yang miring atau scanning double, dan lain-lain. Pada scanner pun terdapat bermacam tools yang dapat membantu kita untuk mengedit, menghapus sebelum di save ke dalam komputer. Semoga Bermanfaat.

0 Response to "Inilah Penyebab Hasil Scan Menjadi Miring yang Sering Terjadi"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel